Ahli Reta Ungkap Pendekatan Psikologi Manusia untuk Pertumbuhan Perusahaan

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 10 Juli 2019 - 05:43 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Reta Consulting Indonesia (Reta) resmi meluncurkan solusi bisnis dengan pendekatan Psikologi Manusia atau disebut Economic Psychology Approach (EPA) untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

Dalam sebuah event business sharing bertemakan Delivering The Right Execution Strategy in Disruption Era with Economic Psychology Approach (EPA) yang bertempat di CoHive 101 – Mega Kuningan, Presiden Direktur Reta Joedi Wisoeda mengatakan, pihaknya, memberikan strategi eksekusi yang akurat dan relevan untuk berbagai macam tantangan bisnis dengan berbasiskan metodologi EPA, tim profesional yang berpengalaman di berbagai macam industri  serta teknologi yang memungkinkan klien untuk melihat kondisi pasar secara real-time.

"Metodologi EPA memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh metodologi lain yakni dapat menjawab pain point yang dirasakan pelaku industri. Di samping itu metodologi EPA memiliki sensivitas yang tinggi terhadap pasar sehingga perusahaan dapat lebih cepat melakukan tindakan terkait keadaan yang terjadi, khususnya jika keadaan berdampak kurang baik bagi perusahaan sehingga keputusan yang diambil lebih akurat," ungkap Joedi Wisoeda di Jakarta, selasa (9/7/2019).

Ahli EPA Reta, Rahmat Hidayat Ph.D, mengatakan, kelebihan dari metodologi EPA adalah membantu klien dalam menciptakan keakuratan keputusan bisnis. EPA dapat mengidentifikasi secara akurat sumber permasalahan (What factor) dan kenapa masalah tersebut bisa terjadi (Why factor). Hal ini dapat dilakukan karena EPA meneliti motif ekonomi serta psikologi dari pelaku bisnis tersebut.

Dalam kesempatan ini Reta meluncurkan 4 layanan berbasiskan EPA yaitu Reta Consulting, Reta Research, Reta Marketplace dan Reta Learning.  Selain layanan tersebut, Reta memiliki Reta Credit (uang digital) yang hanya dapat digunakan pada Website Reta Marketplace untuk membeli data ekonomi dan psikologi market (retailer, konsumen, dan lain-lain).

Selama hampir dua tahun Reta telah berkontribusi di berbagai bidang Industri diantaranya Industri Telekomunikasi, Kosmetik, Elektronik hingga Pembayaran Digital (digital payment). Dengan metodologi EPA, Reta mampu menjawab tantangan bisnis klien dan banyak memberikan manfaat untuk pertumbuhan bisnis.

Reta Research berupa analisis mendalam dan pemahaman yang lebih baik tentang hasil riset pasar berdasarkan analitik EPA. Riset pasar berbasis teknologi yang memungkinkan pengumpulan data dalam waktu cepat dan akurat sehingga menghasilkan rekomendasi bisnis taktis yang bertujuan untuk peningkatan bisnis dalam kategori multi-riset.

Reta Marketplace berupa data ekonomi dan psikologis terkini berdasarkan kategori (konsumen, ritel, B2B) dan sub kategori untuk semua industri secara nasional.

Terakhir Reta Learning berupa pelatihan yang ditujukan bagi pekerja atau organisasi. Tidak hanya teori, peserta juga akan diberikan kesempatan terjun langsung ke pasar untuk mengimpelementasikan teori yang didapatkannya.

Selain layanan tersebut, Reta memiliki Reta Credit (uang digital) yang hanya dapat digunakan pada Website Reta Marketplace untuk membeli data ekonomi dan psikologi market (retailer, konsumen, dan lainnya).