Selesaikan Lima Fokus Utama, Menperin Lantik Empat Pejabat Eselon I

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Juni 2019 - 11:55 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto pagi ini, Kamis (13/6) secara resmi melantik sejumlah pejabat eselon I di lingkungan kerja Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 

Pelantikan berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB dan berlangsung selama kurang lebih 20 menit di Kantor Kemenperin. 

Ada empat pejabat eselon I yang dilantik pada hari ini antara lain, Eko Suseno Agung Cahyanto menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Berikutnya adalah Abdul Rochim menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Agro.

Selanjutnya, Doddy Rahadi yang dilantik menjadi Dirjen Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII), serta Masrokhan yang dilantik menjadi Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi.

Dalam sambutannya, Airlangga mengingatkan lima fokus utama Kemenperin yang harus bisa dilaksanakan oleh pejabat dilantik. 

Pertama adalah kebijakan Indonesia Industry 4.0 yang merupakan standar acuan untuk mengukur kesiapan perusahaan dalam bertransformasi ke era industri 4.0.

Kedua, penyiapan SDM di sektor industri dan fasilitas industri melalui vokasi industri yang link and match antara SMK dengan industri.

Ketiga adalah mengampanyekan Making Indonesia 4.0 secara lebih luas ke berbagai belahan dunia. Yang keempat adalah menyusun rancangan Peraturan Presiden tentang peta jalan Making Indonesia 4.0, dan juga regulasi terkait super deduction tax. Kelima, membuat ekosistem inovasi melalui pusat inovasi dan pengembangan SDM industri 4.0.

"Saya harap kontribusi kerja sama saudara dapat dilaksanakan guna mencapai target program prioritas tersebut," katanya.