Progam Diskon Pemilu 2019, Penjualan Ritel Naik 10 Kali Lipat

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 20 April 2019 - 09:17 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Program diskon khusus Pemilu 2019 bertajuk Kelingking Fun mencatatkan tren peningkatan penjualan dan lonjakan pengunjung pusat perbelanjaan. Diskon itu dihelat pada 17 April 2019 di sejumlah mal dalam rangka memeriahkan pesta demokrasi.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan pengusaha yang ikut dalam acara ini masing-masing telah menerima peningkatan penjualan produk mulai 1,5 hingga 10 kali lipat ketimbang hari biasanya. “Maka tak mengherankan jika pengunjung mal kemarin meningkat secara signifikan lebih dari dua kali lipat,” ujar Shinta dalam keterangan tertulis, Kamis (18/4/2019).

Sebanyak 250 merek tercatat mengikuti gelaran Kelingking Fun. Merek-merek yang mengikuti ajang diskon itu bukan hanya peritel dalam negeri, tapi juga luar negeri. Adapun tenan-tenan populer yang tergabung di antaranya Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI. Ada pula ACE Hardware, Electronic City, J.Co, dan Salt & Pepper.

Dalam Kelingking Fun kali ini, masing-masing peritel menetapkan potongan harga yang berbeda. Adapun dikson yang ditawarkan mencapai 50 persen. Diskon hanya berlaku satu hari, yakni pada 17 April.

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia atau Hippindo mengatakan Kelingking Fun tidak hanya digelar untuk memeriahkan pesta demokrasi. Namun juga mengapresiasi

masyarakat yang sudah menggunakan hak dalam pemilihan presiden dan legislatif.

Di lever pasar, diskon digelar untuk menggairahkan animo berbelanja masyarakat secara nasional. “Di program ini, semua pelaku ritel bersatu dan seluruh sektor pendukung, seperti pusat perbelanjaan, dapat meningkatkan hasil penjualan,” ucapnya.

Ketua Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2017-2019 Fetty Kwartati mengatakan Kelingking Fun akan merangsang terciptanya agenda serupa yang melibatkan peritel nasional. Selama ini, diskon yang melibatkan peritel dalam skala besar hanya Harai Belanja Diskon Indonesia atau HBDI. HBDI dihelat secara rutin pada Agustus, berbarengan dengan HUT kemerdekaan.

Program diskon Kelingking Fun diinisasi oleh kelompok pengusaha, yang didukung Badan Ekonomi Kreatif, Komenterian Komunikasi dan Informtika, Kementerian Pariwisata serta media penyiaran Jaringan 107 Radio Peduli Pemilu.Kepala Bekraf Triawan Munaf, Menkominfo Rudiantara, dan Tim Percepatan Belanja dan Kuliner Kemenpar disebut menyambut baik gelaran Kelingking Fun