Ini Harapan Ketum HKI kepada Presiden Terpilih

Oleh : Ridwan | Rabu, 17 April 2019 - 14:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) sekaligus Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar berharap siapapun presiden terpilih nanti dapat mewujudkan adanya kesinambungan dan konsistensi atas kepastian berusaha.

"Hal ini menjadi sangat penting bagi dunia usaha," kata Sanny yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Properti dan Kawasan Ekonomi APINDO kepada Industry.co.id di Jakarta, Rabu (17/4).

Untuk itu, tambahnya, maka program-program kebijakan dan organ-organ akselerasi pembangunan ekonomi yang sudah berjalan agar dilanjutkan.

Menurutnya, yang harus diprioritaskan dibidang ekonomi adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki motivasi kerja dan meningkatkan keterampilan kerja untuk mencapai produktivitas yang tinggi agar produk-produk nasional berdaya saing.

"Kedepan, SDM menjadi kunci utama untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional," terangnya.

Selain itu, Sanny juga berharap agar adanya dukungan terhadap pembangunan Kawasan Industri (KI) baru (baik dari sisi perizinan, pembebasan lahan dan infrastruktur/utilitas industri), khususnya di luar Jawa agar lebih terciptanya pemerataan ekonomi di seluruh wilayah.

"Kebijakan yang harus dipertahankan adalah semangat merombak birokrasi perizinan berusaha agar lebih terintegrasi, mudah, cepat, murah dan transparan melalui sarana elektronik," tutur Sanny.