Kolaborasi dengan Dubai, Tommy Soeharto Akan Bangun 1 Juta Rumah Murah

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 12 April 2019 - 08:03 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Lama tak terdengar sepak terjangnya pendiri partai berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto kini merambah ke bisnis properti usai mendirikan sejumlah bisnis ritel Goro Market.   Melalui PT Berkarya Makmur Sejahtera menggandeng perusahaan asal Dubai, Bin Zayed Group.

Dalam kerja sama ini kedua belah pihak berencana membangun 500 ribu unit hingga 1 juta unit rumah yang tersebar di seluruh Indonesia. Tommy Soeharto mengatakan melalui kerja sama investor asal Dubai tersebut berkomitmen membenamkan investasi senilai 3 miliar dollar AS hingga 5 dollar AS atau sekitar Rp 42,9 triliun-Rp 70,8 triliun untuk membiayai seluruh proyek potensial yang layak (feasible) dikembangkan pada masa mendatang.

Tommy menuturkan, proyek yang dibiayai dari kerja sama ini adalah perumahan murah, real estate, dan energi terbarukan (renewable energy).

"Mereka adalah grup bisnis besar yang dimiliki keluarga berpengaruh di Uni Emirat Arab. Rekam jejaknya bisa dilihat dari proyek-proyek yang telah mereka bangun. Di India, Afrika dan lain-lain," sebut Tommy

Dalam kesempatan yang sama, Group Managing Director Bin Zayed Group Midhat Kidwai menuturkan, alasan kelompok bisnisnya masuk ke Indonesia adalah peluang dan potensi besar yang ditawarkan. "Indonesia is a promising country. Big opportunity and big economy. We will do business in real estates, also renewable energy," kata Midhat.

Tommy menambahkan, kendati  bekerja sama dengan Dubai pihaknya memastikan rumah-rumah ini akan dibangun oleh kontraktor lokal, dengan kandungan material yang seluruhnya juga lokal. Mulai dari pasokan batu bata, pasir, semen, furnitur dan lain-lain. Adapun proyek percontohan rumah murah ini akan dibangun di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.