Kinerja Industri Pengolahan Naik Didorong Jelang Idul Fitri

Oleh : Wiyanto | Kamis, 11 April 2019 - 11:19 WIB

INDUSTRY.co.id

Kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan I-2019 berada pada level ekspansi. Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) - BI sebesar 52,65% dan hasil SKDU triwulan I-2019 untuk kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan yang terindikasi meningkat dengan SBT sebesar 1,00%.

"Peningkatan kinerja Industri Pengolahan didorong oleh kenaikan volume pesanan sejalan dengan peningkatan permintaan domestik, termasuk persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 2019," demikian siaran pers Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Berdasarkan subsektor, ekspansi kinerja industri pengolahan terutama terjadi pada subsektor Industri Kertas & Barang Cetakan dan Industri Makanan, Minuman & Tembakau.

Pada triwulan II-2019, ekspansi kinerja sektor Industri Pengolahan diprakirakan terus berlanjut. Hal ini terindikasi dari PMI-BI yang berada pada fase ekspansi dengan indeks yang meningkat menjadi sebesar 53,21% Peningkatan ini terutama didorong oleh kenaikan volume produksi dan volume persediaan barang.

Ekspansi tersebut juga tercermin pada SBT kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan pada triwulan II-2019 yang meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.