Hari Ini, Presiden Jokowi Resmikan KEK Morotai

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 01 April 2019 - 09:33 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) di Bandara Samratulangi Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4) pagi, sebelum berangkat menuju Papua Barat. Tiga KEK tersebut adalah KEK Bitung, KEK Maloy dan KEK Morotai.

Dalam peresmian tersebut Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pengoperasian tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) di kawasan Indonesia timur bertujuan untuk pemerataan pembangunan. Selain itu menurut Presiden pembangunan KEK ditujukan untuk menarik investasi masuk ke Indonesia.

"Di KEK Bitung sudah mulai antre, juga di Morotai," kata Jokowi dalam acara yang dihadiri antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Seskab Pramono Anung, dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Jokowi menyebutkan di KEK Morotai mulai masuk investor namun masih perlu penunjang yaitu perpanjangan landas pacu bandara di daerah itu.

Presiden juga menyebutkan pengembangan KEK juga akan meningkatkan daya saing produk Indonesia.

"Jika dulu selalu mengekspor bahan mentah, dengan adanya KEK, ada industri pengolahan dalam negeri sehingga ada ekspor olahan bidang perikanan, perkebunan termasuk pengembangan pariwisata, " katanya.