Ilham Habibie: Pengembangan Mobil Listrik di Indonesia Suatu Keharusan

Oleh : Ridwan | Jumat, 08 Maret 2019 - 15:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Chaiman National ICT Council (Wantiknas) Ilham Akbar Habibie menilai pengembangan mobil listrik di Indonesia merupakan suatu keniscayaan.

"Mobil listrik suatu keniscayaan yang harus dikembangkan di Indonesia," kata Ilham saat ditemui Industry.co.id di Jakarta, Jumat (8/3).

Ilham pun menginginkan adanya proyek nasional mobil listrik. "Ada orang bilang kita (Indonesia) tidak akan bisa karena masih tertinggal, itu salah besar," terangnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan pasar yang sangat besar. "Sebaliknya kita "Bodoh" kalau tidak merangkulnya, pengembangan mobil listrik akan menjadi tulang punggung industri nasional kedepan," imbuh Ilham.

Ditambahkan Ilham, peran pemerintah menjadi sangat penting dalam memberikan fasilitasnya arau menjadikan Badan Usaha Mikik Negara (BUMN) sebagai pimpinan dalam pengembangan mobil listrik di dalam negeri.

"Tapi ingat, masih ada perusahaan swasta yang harus digandeng. Jadi saya bersikeras pengembangan mobil listrik di dalam negeri merupakan suatu keharusan," tuturnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 400.000 unit mobil listrik sampai tahun 2025.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, pengembangan kendaraan listrik sebagai komitmen pemerintah dalam upaya menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (CO2) 29 persen di tahun 2030 sekaligus menjaga ketahanan energi, khususnya di sektor transportasi darat.

"Jadi, tren global untuk kendaraan masa depan adalah yang hemat energi dan ramah lingkungan. Selain itu, dapat mengurangi ketergantungan pada energi fosil," tuturnya.