Kadin Usul Merketplace yang Promosikan Produk UMKM Dapat Insentif

Oleh : Ridwan | Senin, 04 Februari 2019 - 12:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan agar pemerintah memberikan insentif untuk e-commerce marketplace yang mempromosikan produk-produk UMKM.

Saat ini terdapat 56 juta UMKM di Indonesia, namun baru empat juta UMKM yang sudah memasarkan produknya di e-commerce marketplace.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani menilai peningkatan produksi UMKM harus didorong juga dengan pemberian insentif kepada pelaku e-commerce.

"Pemerintah dapat memberikan insentif perpajakan kepada e-commerce yang memasarkan produk-produk UMKM," kata Rosa  di Jakarta (4/2).

Menurutnya, hal ini agar para pelaku e-commerce ini akan memprioritaskan produk  dari UMKM. Selain itu, ia meminta kepastian akan ketersediaan produk UMKM.

"Kalau menurut saya mereka harus diberikan insentif. Kayak market place-nya misal untuk jual produk UMKM kita kasih insentif perpajakan. Jangan bilang market place harus jual minimum 20 persen, lah kalau barangnya nggak ada? Kita harus fair, kasih insentif," ujar Rosan.