Tingkatkan Daya Saing Produk Dalam Negeri, Kemenperin Luncurkan Kampanye #Ngelokalbareng

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 Desember 2018 - 14:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu daya saing Industri Kecil dan Menengah (IKM) di pasar global. 

Salah satu upanyanya adalah mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mencintai produk dalam negeri. 

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengerakkan kampanye untuk menggunakan produk lokal (#Ngelokalbareng). 

"Setiap jumat, seluruh pegawai Direktorat Jenderal IKM Kemenperin harus ngelokal bareng," kata Gati kepada Industry.co.id di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Dijelaskan Gati, dalam kamoanye tersebut, seluruh pegawai di lingkungan Ditjen IKM Kemenperin harus menggunakan produk asli dalam negeri. 

"Jadi dari ujung kepala sampai kaki harus produk lokal," terangnya. 

Menurut Gati, produk buatan dalam negeri tidak kalah saing dengan produk impor. "Kearifan lokal ini yang harus kita angkat, budaya lokal kita tinggi sekali dan beraneka ragam," tutur Gati. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, saat ini baru kita mulai dari lingkungan Ditjen IKM Kemenperin. 

Gati berharap dengan ini dapat memacu Kementerian dan Lembaga lainnya untuk ikut dalam menggerakkan kampanye ini. 

"Sehingga dengan begitu akan memicu masyarakat Indonesia untuk mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, sehingga produk IKM nasional lebih berdaya saing. IKM Hebat, Industri Kuat, Indonesia Jaya," tutup Gati.