Jaringan 5G Penting Wujudukan Industri 4.0

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 11:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera Tony Sartono menilai jaringan internet 5G sangat penting dalam mewujudkan revolusi industri 4.0 di Indonesia.

"Memang penting itu, karena jaringan 5G tersebut membuat semuanya menjadi cepat, sedangkan koneksi ini jika tidak ada hal tersebut akan menimbulkan masalah," ujarnya di Jakarta, Rabu (5/12/2018)

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa saat ini sudah banyak sekali mesin-mesin dikoneksi dengan wifi mengingat saat ini sudah jarang ada mesin menggunakan teknologi wired atau kabel, dan didominasi teknologi nirkabel yang sangat bergantung pada kecepatan koneksi internet.

"Saat ini, produknya makin sensitif, jadi produk-produk yang presisi itu sangat sensitif. Kalau koneksi internetnya tidak bagus dapat menimbulkan bahaya," katanya.

Terkait jaringan 5G, menurutnya, pemerintah harus menyediakan fasilitasnya sekaligus mengaturnya dengan baik. Selain itu, Tony juga mengatakan agar pemerintah harus meningkatkan infrastruktur internet demi mewujudkan revolusi 4.0 dengan baik seperti yang dilakukan negara-negara maju.

"Saya rasa kita melihat negara-negara maju semua memperhatikan sarana infrastruktur Internetnya," tuturnya di sela-sela pameran Manufacturing Indonesia 2018.(Ant)