Diikuti 300 E-commerce, Belanja Online Bidik Transaksi Rp 7 Triliun

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 14 November 2018 - 10:28 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Kabar gembira buat shopaholic kini pesta belanja online terbesar di Indonesia segera digelar kembali pada 11-12 Desember 2018. Lebih dari 300 platform e-commerce ambil bagian dalam pesta belanja daring tersebut dan diperkirakan Hari Belanja Online Nasional ini mampu membidik transaksi hingga Rp 7 triliun meningkat 2 kali lipat dibanting tahun lalu.

Indra Yonathan, Chairman of Harbolnas Commite 2018 mengatakan pelaksanaan Harbolnas tahun lalu berhasil merangkul 254 pelaku e-commerce dengan nilai transaksi mencapai Rp 4,7 triliun, 4,2 kali lebih besar dari transaksi rata-rata transaksi harian.

“Ini merupakan tahun ketujuh perayaan Harbolnas diselenggarakan. Pada kesempatan ini kami ingin meningkatkan nilai produk lokal di platform e-commerce dan ingin pula merangkul para produsen produk lokal untuk dapat merasakan kemeriahan Harbolnas tahun ini,” ujar Indra.

Lanjutnya, untuk pertama kalinya sejak tahun 2012 Harbolnas tahun ini mendapat dukungan penuh dari tiga kementerian, yaitu ementerian Perdagangan,  Kementerian Perindustrian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Serta asosiasi e-commerce Indonesia (idEa). 

Harbolnas menjadi festival berbelanja online terbesar di Indonesia. Tahun ini, Harbolnas diikuti lebih dari 300 e-commerce, seperti Lazada, Shopee, Blibli, Elevenia, Zalora, serta didukung oleh Bank Mandiri dan Midtrans sebagai official sponsor, CIMB Niaga, ShopBack, Jaringan Prima, IMX, PopBox dan JET sebagai official partner.