Hadapi MEA, PHRI Sulut Minta Kemudahan Perizinan Bagi Pelaku Usaha

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 Februari 2017 - 10:37 WIB

INDUSTRY.co.id, Manado - Guna untuk mengahadapi masyarakat ekomoni ASEAN, Johnny Lieke selaku Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Utara, berharap kepada pemerintah segera memberikan izin untuk mempermudah perizinan kepada para pelaku usaha.

"Untuk menunjang pertembuhan ekonomi di era MEA, pemerintah daerah seharusnya perlu mempermudah para pengusaha dalam mengembangkan usahanya, salah satunya mengenai perizinan," kata Johhny di Manado, Senin (13/2/2017).

Dalam hal pengurusan izin, jangan berbelit-belit dan membingungkan pelaku usaha, masalah yang dirasakan memberatkan pelaku usaha terutama saat melakukan ekspansi, alangkah baiknya diperbaiki sehingga pelaku usaha akan lebih siap menghadapi MEA, lanjutnya.

Disamping masalah perizinan, masalah keamanan juga harus diperhatikan bagi pemerintah daerah setempat dengan cara menegur para aparatur sipil negara (ASN) bandel yang sewenang-wenang memperlambat pengurusan, apalagi sampai memimnta uang imbalan.

"Selain perizinan, untuk menjaga pertumbuhan ekonomi makan pemerintah perlu mempertahankan keamanan di daerahnya, karena pelaku usaha serta masyarakat memerlukan rasa aman, karena jika daerah itu aman makan nilai investasi akan berkembang dan datang dengan sendirinya," pungkas General Manager Manado Town Suare (Mantos) Yono Akbar menutup pembicaraan.