Kemkominfo Ajak UMKM Turut Gerakkan Usaha Ecommerce di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 29 September 2018 - 08:48 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Deskranas), Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, serta Blibli.com mengadakan Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online: Murah, Cepat, dan Aman di Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

Kegiatan ini diadakandengan tujuan untuk dapat mengedukasi UMKM terkait penggunaan ecommerce, dan diharapkan agar UMKM dapat semakin terstimulasi untuk memaksimalkan ecommerce untuk mengembangkan usaha mereka.

Pada kesempatan tersebut Kemkominfo mengadakan pelatihan serta fasilitasi dan simulasi jualan online untuk mengajak pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) turut serta dalam membangun dan menggerakkan usaha ecommerce di Indonesia.

Penetrasi pengguna internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 132 juta, dan dengan jumlah penduduk yang besar, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia.

Septriana Tangkary, selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61.41%, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Namun, baru sekitar 8% atau baru sebanyak 3,79 juta pelaku UMKM yang telah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya.

"Padahal dengan memanfaatkan teknologi ecommerce, akan semakin mudah bagi UMKM untuk berhubungan dengan pembeli di manapun mereka berada. Karena itu edukasi akan pemanfaatan teknologi penting untuk terus dipupuk, dan masyarakat harus terus diberi dorongan dan dukungan untuk terus memanfaatkan teknologi agar industri dapat terus berkembang dengan pesat. Dan salah satu usaha yang kami lakukan adalah melalui Gerakan Ayo UMKM Jualan Online” jelas Septriana di Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Melalui Gerakan Ayo UMKM Jualan Online Kemkominfo berkeliling ke 15 kota di Indonesia, termasuk Jakarta dan mengajak beberapa narasumber terkait untuk memberikan sosialisasi dan juga pelatihan bagi UMKM yang sebelumnya masih menjalani usahanya secara tradisional untuk beralih menjadi online.

Dalam kegiatan ini UMKM tidak hanya diajarkan bagaimana cara melakukan registrasi di marketplace, melainkan juga bagaimana teknik foto produk yang bagus dan menarik.