Lima Tahun Mendatang Indonesia Jadi Raksasa Bisnis Ekspedisi

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 Februari 2017 - 19:48 WIB

INDUSTRY.co.id -Jakarta- Pengusaha ekspedisi yakin jika usaha jasa pengiriman barang yang digelutinya terus meningkat dari tahun ke tahun, mengingat peluang e-commerce atau usaha dalam jaringan (online) di Indonesia sedang berkembang.

"Maraknya usaha online adalah momentum yang tepat untuk sebuah ekspedisi memanfaatkan peluang ini," kata CEO SiCepat Ekspress, Rudy Darwin Swigo kepada awak media di Jakarta, Senin (13/2/2017).

Rudy juga menambahkan dalam sebuah layanan jasa ekspedisi, pengusaha harus memiliki inovasi.

"Kita harus berkembang dengan inovasi-inovasi yang selalu memuaskan para pelanggan," tuturnya saat bincang-bincang untuk merayakan hari ulang tahun ketiga SiCepat Ekspress.

Seorang pelaku usaha online, Deny Rahardjo yang merupakan CEO Kinerjapay Corp, mengatakan berkembangnya usaha dalam jaringan berpengaruh terhadap ekspedisi atau jasa pengiriman yang memiliki pelayanan yang baik dan armada yang memadai.

"Bisnis e-commerce akan meningkat dengan logistik yang handal," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh COO Asosiasi E-Commerce Indonesia Mustafa Kamal bahwa pada saat ekspedisi masuk ekosistem usaha jaringan dalam, itu merupakan hal yang menguntungkan.

"Saat ini usaha online bisa dikatakan menguntungkan dengan tingkat pertumbuhan mencapai 20-50 persen. Maka dari itu yang harus disiapkan perusahan ekspedisi adalah inovasi dan kreativitas untuk membuat suatu produk yang dibutuhkan usaha online dan adaptif terhadap pasarnya," katanya.

Kamal juga menambahkan dalam lima tahun ke depan Indonesia akan menjadi e-commerce terbesar di ASEAN.

"Saya juga melihat integritas antara ekspedisi dan e-commerce yang sedang berkembang dan yakin dalam 5 tahun ke depan Indonesia akan menjadi raksasa e-commerce terbesar di ASEAN," tambahnya.