Dukung Program Wonderful Indonesia, Grab Teken MoU Dengan Kemenpar

Oleh : Ridwan | Rabu, 26 September 2018 - 19:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sejalan dengan visinya sebagai ‘everyday superapp’, Grab, platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menghadirkan Smart Tourism sebagai bentuk dukungannya terhadap program “Wonderful Indonesia”.

Penandatangan MoU dan perjanjian kerja sama Grab dengan Kementerian Pariwisata dilakukan oleh Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara dan Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andyani bersama Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dan disaksikan labgsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di sela-sela Rakornas Pariwisata III Tahun 2018 di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Melalui kerja sama ini, Grab akan membantu pemerintah dalam mempromosikan destinasi unggulan pariwisata Indonesia melalui co-branding Wonderful Indonesia di berbagai layanan, informasi dan promosi yang interaktif di platform Grab kepada lebih dari 100 juta pengguna aplikasi Grab di Asia Tenggara.

Kerja sama ini sejalan dengan komitmen penuh Grab untuk berkontribusi bagi perkembangan negara Indonesia yang kaya akan potensi ekonomi dan budaya dan mencerminkan kepercayaan Kementerian Pariwisata kepada Grab untuk turut berkontribusi dalam pencapaian target sektor wisata penyumbang devisa Indonesia utama.

“Kami menyadari bahwa bertumbuh pesatnya bisnis Grab yang pada awal tahun 2017 hanya beroperasi di 12 kota menjadi 137 kota pada hari ini tidak lepas dari peran besar dan dukungan masyarakat dan pemerintah Indonesia. Kami terus berupaya melakukan aksi nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tanah air," katanya.

Ditambahkan Ridzki, pihaknya siap menyukseskan program Wonderful Indonesia dan mengembangkan potensi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru dunia.

Program berskala internasional ini membuka kesempatan luas tak hanya bagi para pelaku industri pariwisata, tapi juga pelaku ekonomi dalam negeri, masyarakat setempat, dan infrastruktur lokal untuk berkembang dan memperoleh manfaat dari program ini dengan mempromosikan berbagai destinasi dan keindahan yang dimiliki Tanah Air, guna menjadikan sektor pariwisata sebagai penyumbang devisa utama bagi Indonesia," ungkap Ridzki.

Sebagai ‘everyday superapp’ pertama di Asia Tenggara, Grab juga akan menghadirkan serangkaian program menarik untuk program ‘Wonderful Indonesia’ berlangsung guna memberikan pengalaman terbaik kepada para pengguna, di antaranya:

1. Turis domestik maupun mancanegara nantinya dapat menggunakan layanan transportasi yang aman dan berkualitas tinggi yaitu GrabCar Rent Wonderful Indonesia untuk menyewa kendaraan selama 4-12 jam serta GrabCar Plus Wonderful Indonesia (mitra pengemudi bintang lima) untuk menjelajahi keindahan Nusantara.

2. Akses informasi yang relevan dengan sektor pariwisata melalui GrabDaily.

3. Rekomendasi restoran untuk dikunjungi oleh para wisatawan sebagai destinasi wisata kuliner dan menyertakan informasi restoran lokal yang menawarkan makanan khas daerah yang dapat dipesan melalui layanan GrabFood.

4. Para pengguna aplikasi Grab juga dapat menukarkan poin GrabRewards mereka pada kategori ‘travel’ untuk mendapatkan penawaran menarik di berbagai obyek wisata di Indonesia.

5. Fasilitas digital bagi para wisatawan seperti lounge,tourist information center, charging station, WiFi, serta area peristirahatan untuk mitra pengemudi di beberapa destinasi wisata terpilih. Sebagai tahap awal, Grab telah mulai menjalin kerja sama dengan beragam obyek wisata di Indonesia, termasuk Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Jatim Park Group, Istana Maimun, dan Garuda Wisnu Kencana.

6. Pelanggan Grab di Indonesia maupun turis mancanegara tidak perlu lagi khawatir untuk berkomunikasi dengan mitra dengan adanya fiturGrabChat (fitur pesan singkat dalam aplikasi Grab). Kini, ketika bepergian di kawasan Asia Tenggara, pelanggan Grab tidak perlu khawatir untuk berkomunikasi. Fitur template pesan-pesan yang telah diterjemahkan secara otomatis dalam GrabChat. Kalimat-kalimat seperti “Baik, saya akan segera sampai” tersedia dalam lima bahasa yang umum digunakan di Asia Tenggara: Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Bahasa Chinese, Bahasa Thai dan Bahasa Vietnam.

Grab beroperasi di 235 kota yang tersebar pada 8 negara dengan lebih dari 100 juta pengguna dan 4 juta mitra pengemudi di Asia Tenggara.

Sejalan dengan visinya sebagai ‘everyday superapp’ dan strategi open platform, saat ini Grab menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat di Indonesia, mulai dari layanan transportasi roda dua dan empat, pengantaran bingkisan, pembayaran digital, hingga layanan pesan antar makanan dan belanjaan.