Rupiah Diperkirakan Melemah Hari Ini

Oleh : Wiyanto | Kamis, 20 September 2018 - 08:54 WIB

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.878-14.865. Pergerakan Rupiah masih terlihat rapuh meskipun pergerakan USD kembali melemah seiring dengan sikap pelaku pasar yang mengesampingkan sentimen perang dagang dan imbas kenaikan EUR.

"Diharapkan Rupiah dapat memanfaatkan pelemahan USD untuk kembali menguat meski sentimen dari dalam negeri masih kurang kuat mengangkat Rupiah. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah," ujar analis pasar modal Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

pKemarin, Laju Rupiah kembali melemah tipis setelah sehari sebelumnya bergerak positif. Masih adanya kekhawatiran akan dampak terjadinya perang dagang antara AS dan Tiongkok yang dinilai dapat menganggu ekspor Indonesia membuat laju Rupiah kembali terdepresiasi.

Apalagi, katanya, sebelumnya juga dirilis neraca perdagangan yang masih kembali mengalami defisit. Di sisi lain, adanya penilaian bahwa tahun 2019 ekonomi Indonesia akan tumbuh tipis di kisaran 5,1-5,2 persen menambah sentimen negatif pada Rupiah dimana kontras dengan asumsi yang disepakati Banggar DPR di level 5,3 persen dengan kurs Rupiah Rp14.500 per USD1.