Ekonomi, Keuangan Syariah Sumber Pertumbuhan Baru

Oleh : Wiyanto | Selasa, 18 September 2018 - 13:16 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengembangan ekonomi keuangan syariah dibutuhkan untuk memperkuat struktur ekonomi dan pasar keuangan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.Hal ini dilandaskan pada potensi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang cukup menjanjikan.

Dody Budi Waluyo, Deputi Gubernur Bank Indonesia menyebutkan, isu terkait potensi pengembangan ekonomi syariah tersebut mengemuka dalam seminar internasional.

"Gejolak ekonomi dan keuangan global menjadi salah satu tantangan dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," kata dia di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Menurutnya, ketidakseimbangan global semakin melebar. Kesenjangan dalam hal penguasaan faktor produksi, pendidikan dan pendapatan dapat menghambat terwujudnya perekonomian yang tumbuh merata, adil, proporsional dan berkelanjutan. Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah diharapkan menjadi salah satu upaya dalam memperkuat struktur ekonomi dan pasar keuangan global saat ini dan mendatang.

"Ekonomi dan keuangan syariah memiliki potensi yang besar sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru dan untuk memperbaiki defisit transaksi berjalan," kata dia.