Pesantren Hendaknya Jadi Penggerak Ekonomi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 September 2018 - 19:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Brebes- Calon Wakil Presiden RI Kiai Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pesantren hendaknya menjadi motor penggerak ekonomi syariah di Indonesia dan sekaligus pusat ekonomi bangsa.

"Saya menekankan pesantren mendalami ekonomi syariah yg konsep-konsepnya banyak ditemukan pada kitab fiqih klasik yg selama ini dikaji pesantren," kata Kiai Ma'ruf Amin pada acara "Halaqah Enterpreneur Kemandirian Ekonomi Pesantren dan Haul Ke-7 KH. Masruri Abd Mughni di Ponpes Al Hikmah Bendo Kabupaten Brebes, Selasa (11/9/2018) .

Menurut dia, ekonomi syariah sudah  menjadi sistem ekonomi nasional yang ditandai oleh munculnya perbankan syariah dan komite nasional keuangan syariah (KNKS) yang diketuai oleh Presiden Jokowi.

"Oleh karena itu saya berharap pesantren mampu mendalami dan mengontekstualisasi konsep-konsep itu dalam perekonomian kontemporer," kata Ma'ruf Amin yang juga menjadi pengasuh Pesantren An Nawawi Tanara Serang itu.

Ma'ruf Amin menyemangati para peserta bahwa santri sudah menunjukkan bukti bisa berperan pada sektor publik seperti ditunjukkan oleh beberapa kiai yang pernah menjabat menteri, kepala daerah, bahkan Presiden RI.(Ant)