Sah, Pemerintah Putuskan 1.147 Barang Impor Kena PPh 22

Oleh : Ridwan | Rabu, 05 September 2018 - 19:07 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati secara resmi menerbitkan aturan terbaru mengenai pengenaan kenaikan tarif Pajak Penghasilan (PPh) 22 untuk barang impor.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan resmi memutuskan sebanyak 1.147 barang impor dilakukan revisi tarif.

"Untuk komoditas non migas kami, mengidentifikasi barang-barang apa saja yang bisa kendalikan dalam situasi sekarang. Sebanyak 1.147 pos tarif akan kita lakukan tindakan pengendalian melalui instrumen PPh," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Ditambahkan Menkeu, revisi tarif ini perlu dilakukan untuk mengendalikan impor. Langkah ini diperlukan untuk menjaga defisit transaksi neraca berjalan yang berasal dari defisit neraca perdagangan.

"Jadi instrumen PPh ini dilakukan untuk mengendalikan impor dari barang barang. Kami melakukan penelitian dan kajian detail. Pengaruhnya seminim mungkin tidak untuk menghambat produksi industri dalam negeri," jelasnya.

Menkeu menjamin, revisi tarif PPh impor ini tidak akan mengganggu produksi industri dalam negeri yang berorientasi ekspor. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi.

"Tindakan pengendalian impor melalui instrumen PPh, kami lakukan rutin langsung untuk mengendalikan impor barang-barang. Penelitian detail dilakukan bersama agar tidak memengaruhi ekonomi secara keseluruhan," tandasnya.