B-Corp Ajak Pelaku Bisnis Peduli Sosial dan Lingkungan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 03 September 2018 - 15:00 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Setiap perusahaan harus mengedepankan tanggung jawab bagi kehidupan yang berkelanjutan di planet bumi. Hal itu pula yang menginisiasi Komunitas B Corp Indonesia, selaku lembaga non profit mewadahi melalui gerakan B Corporation ditujukan bagi pelaku bisnis untuk memberikan dampak positif  bagi masyarakat dan lingkungan.

“Baru sekitar 8,1 juta orang atau 3,2 persen dari populasi penduduk Indonesia yang terlibat dalam kewirausahaan sosial,” kata Corey Lien, B-Corp Asian Community di Jakarta Senin (3/9/2018).

Ia mengatakan setiap perusahaan harus memiliki standar yang cukup tinggi dalam hal tanggung jawab sosial dan prestasi dalam menjaga lingkungan, transparan dan harus bertanggung jawab akan bisnis yang dilakukan. Pihaknya ingin meinginspirasi para pelaku bisnis di seluruh dunia agar membangun bisnis dengan kepedulian dan bertanggung jawab, sehingga memberikan dampak yang positif bagi manusia dan planet bumi.

“Dengan semakin banyaknya pelaku bisnis yang peduli akan kehidupan yang berkelanjutan, melalui B-Corp, maka dunia akan  menjadi lebih baik, masyakarat akan semakin menikmati peningkatan kesejahteraan serta terciptanya lingkungan yang lestari”, jelas dia

Kekuatan B-Corp dalam membangun perubahan bagi dunia juga terlihat dalam tagline mereka  “Business as a Force for Good” (“Bisnis sebagai kekuatan untuk kebaikan”), di mana B Corp ingin membangun komunitas yang terdiri dari para pelaku bisnis  yang memiliki tujuan tidak hanya mencari profit namun  juga  bertanggung jawab sehingga bisa menjadi agen perubahan  untuk kebaikan dunia dengan turut menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan.

Direktur Pembangunan Berkelanjutan Danone Indonesia, Karyanto Wibowo mengatakan Danone bermitra dengan B Lab untuk menguatkan kembali komitmen ganda Danone, bahwa kemajuan bisnis harus sejalan dengan kemajuan sosial dan lingkungan.

Hal ini sejalan dengan tumbuhnya kesadaran konsumen untuk memilih produk yang diproduksi oleh perusahaan yang bertanggung jawab. Survei yang dilakukan Danone memperlihatkan bahwa 60% konsumen mengatakan bahwa mereka akan lebih memilih membeli barang dan jasa dari entitas bisnis yang melakukan sesuatu untuk dunia. 

Sebanyak 51% konsumen juga mengatakan bahwa mereka ingin mengetahui apa saja aksi korporasi dari sebuah bisnis untuk kebaikan di balik brand mereka.