Indospring Genjot Penjualan di Pasar Domestik dan Internasional Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 Agustus 2018 - 19:22 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada tahun ini PT Indospring Tbk (INDS) terus berupaya untuk menggenjot penjualan di pasar domestik maupun internasional. Sejauh ini market dalam negeri berkontribusi 60% terhadap penjualan produsen komponen otomotif pegas daun dan pegas keong tersebut. Sisanya, 40%, digunakan untuk ekspor.

"Perincian dari pasar domestik adalah 30% produk pegas diserap agen pemegang merek (APM) dan 30% lagi dijual sebagai produk aftermarket kepada distributor hingga pedagang. Kemudian, untuk pasar ekspor, yang mendominasi adalah Jepang, disusul Korea, Thailand, Filipina, Rusia, dan Amerika," kata Direktur PT Indospring Tbk, Bob Budiono di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Menurut Bob, saat ini pihaknya terus melakukan ekspansi ke beberapa negara, terutama di Eropa dan Amerika. Sebab, pasar di sana cukup potensial. 

“Gambarannya, saat ini kebutuhan dari tiga pabrikan otomotif besar di Amerika mencapai 20.000 ton hingga 30.000 ton pegas tiap bulan," ungkap Bob.

Untuk tahap awal, lanjut Bob, pihaknya bakal agresif membangun brand image di dua benua tersebut. Sebab, di Eropa maupun Amerika, sangat banyak pemain industri otomotif besar yang produk-produknya telah menyebar di seluruh dunia. 

"Jika sudah bisa masuk ke sana, Indospring akan lebih mudah melakukan global expansion. Eropa bisa dijadikan batu loncatan bagi perusahaan yang telah berusia empat dekade tersebut untuk menguasai pasar pegas dunia," ujar Bob.