Technoplast Catat Pertumbuhan 4% Total Kebutuhan Pasar Domestik & Mancanegara di Semester I

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 10 Agustus 2018 - 20:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Technoplast sebagai perusahaan manufaktur asli dalam negeri yang memproduksi peralatan rumah tangga (personal ware) berbasis plasticware, mencatatkan pertumbuhan sebesar 4% untuk memenuhi total kebutuhan pasar domestik & mancanegara.  Hal ini disampaikan oleh CEO Technoplast, Sjamsoe Fadjar Indra, langsung melalui acara Technoplast Factory Visit : Be Global with Local Potential.

Secara keseluruhan dikatakan oleh kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, dimana Industri manufaktur besar dan sedang mencatatkan pertumbuhan sebesar 4,36% secara tahunan pada kuartal II/2018. Pertumbuhan yang tinggi ini juga disumbangkan oleh industri karet, barang dari karet dan plastik dan industri minuman yang tumbuh tinggi masing-masing sebesar 17,28% dan 15,41%..

Di sisi lain, seperti temuan data yang dilansir melalui data Badan Pusat Statistik (BPS), persentase ekspor non-migas hasil industri pengolahan Indonesia naik 6.85 persen dibanding bulan yang sama tahun 2017. Data tersebut didukung oleh temuan Kementerian Perindustrian dimana, terdapat sepuluh kelompok hasil industri dengan nilai ekspor terbesar dimana kategori Industri Karet, Barang dari Karet dan Plastik menduduki peringkat ke-5 dengan persentase 6.86%.

“Pertumbuhan yang kami catat ini berasal dari banyak faktor, salah satunya yaitu tingginya permintaan seasonal produk. Tentunya ini berpengaruh pada peningkatan produksi. Setiap tahunnya, kami juga memiliki beberapa agenda pameran baik di dalam maupun luar negeri yang membutuhkan kesiapan pabrik untuk memproduksi dalam jumlah besar.” papar Sjamsoe Tahar Indra selaku Director of Manufacturing, Technoplast.

Acara ini dilengkapi dengan kegiatan kunjungan lingkungan pabrik. Seluruh tamu undangan dipersilahkan untuk melihat bagaimana proses produksi di pabrik Technoplast. Dijelaskan oleh Sjamsoe Tahar Indra selaku Director of Manufacturing, Technoplast bahwa pabriknya dilengkapi dengan total 53 mesin dengan kapasitas produksi sebanyak 8.000.000 produk per tahun . “sebagai produsen produk personal ware, kami melakukan sistem yang terintegrasi demi menjamin kualitas tinggi dari produk yang kami hasilkan. Berbicara tentang kualitas, kami menerapkan berbagai standarisasi yang membuat sistem produksi di pabrik ini sangat terjaga dan dapat dipertanggung jawabkan, seperti ISO 9001 : 2015, SNI, dan WCA.” 

Menyikapi dinamika fluktuasi dalam industri manufaktur, Ellies Kiswoto selaku Diretor of Marketing & Sales mengaku memiliki strategi khusus yang sudah diimplementasikan di perusahaan. “Pasar domestik dan mancanegara juga mengalami pasang surut. Dan yang kita lakukan di Technoplast, jika salah satu pasar sedang kurang menggairahkan, kita rebut dengan gencar melakukan pendekatan. Salah satunya melalui pameran. Jika pameran di luar negeri, kita lakukan di negara yang terdapat loyal customer. Dan untuk pasar dalam negeri, kita gencar mengadakan promosi dan aktivitas marketing lainnya.”