Resmi Diluncurkan Presiden Jokowi, AMMdes Jadi Sejarah Industri Otomotif Nasional

Oleh : Ridwan | Kamis, 02 Agustus 2018 - 14:48 WIB

INDUSTRY.co.id - Tangerang, Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto secara resmi meluncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMdes) produksi PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) di ajang Gaikindo Indonesia Internastional Auto Show (GIIAS) 2018. 

Satu unit kendaraan AMMDes dengan cat berwarna kuning cerah dengan aplikasi bak terbuka dan kabin tanpa pintu ditampilkan di panggung acara peresmian di ballroom ICE BSD City, Kamis (2/8/2018).

"PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (PT KMWI) selaku produsen AMMDes telah membangun komitmen kerjasama dengan lebih dari 70 industri komponen dalam negeri untuk siap menjadi pemasok komponen AMMDes dan sebagian merupakan IKM," ujar Airlangga. 

Menurut Menperin, saat ini, Industri dalam negeri telah mampu memproduksi 185 jenis komponen atau setara 70% dari nilai harga AMMDes. 

"Kedepannya, kemampuan pasok tersebut akan terus didorong untuk ditingkatkan," terangnya. 

Pada GIIAS 2018 ini Kementerian Perindustrian memfasilitasi produsen AMMDes untuk ikut tampil pada pavilion Kementerian Perindustrian yang bertempat di hall 3D, dengan mengusung tema AMMDes Karya Anak Bangsa - Satu Alat Banyak Manfaat. 

Pavilion tersebut menampilkan 7 unit AMMDes dengan variasi aplikasi pemutih beras, pemecah gabah, pompa dan genset untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian di pedesaan.

Presiden Komisaris PT KMWI, Sukiyat mengatakan peluncuran AMMDes KMWI akan menjadi hari bersejarah dunia otomotif di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan AMMDes KMWI merupakan kendaraan produksi anak bangsa yang sudah cukup lama diharapkan bangsa Indonesia.

"Karena itu pada momen peluncuran pertama dimulainya untuk diproduksi secara massal adalah momen penting dan bersejarah bagi dunia per-otomotifan di Indonesia" ujar Sukiyat.

Sukiyat sendiri menyampaikan banyak terimakasih kepada pihak Kementerian Perindustrian dan GAIKINDO yang telah menfasilitasi dilaksanakannya launching dimulainya produk massal AMMDes pada ajang GIIAS tahun 2018.

"Dengan diluncurkannya AMMDes ini diharapkan dapat membangun komitmen yang sama untuk mewujudkan kendaraan karya anak bangsa dapat terwujud," pungkasnya.