Pengalihan Komando Pengendalian Perkuat Kostrad

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 Juli 2018 - 09:47 WIB

INDUSTRY.co.id - Makassar- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono mengatakan, pengalihan komando dan pengendalian (Kodal) dari tiga satuan ke Kostrad bertujuan mendukung dan memperkuat Kostrad.

Hal itu dikemukakan Mulyono di sela upacara pengalihan Kodal Brigif 20/IJK DAM XVII Cendrawasih/ Yonarmed 6/105/TRK/TMR dan Yonarhanud 16/SBC DAM XIV Hasanuddin ke Kostrad, di Kariango, Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis (12/7/2018)

"Semua itu untuk pengembangan organisasi sekaligus mendukung pemantauan pusat angkatan darat di wilayah tiga 'trouble spot'," katanya.

Menurut dia, pengalihan Kodal tiga kesatuan tersebut ke Kostrad bertujuan melakukan efisiensi dalam internal organisasi, termasuk memperkuat operasional TNI ke depan.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan segalanya dalam pembentukan Divisi Kostrad, seperti lahan dan anggaran, termasuk menyiapkan pengganti personel kesatuan yang telah dialihkan ke Kostrad.

Pada kegiatan pengalihan Kodal tiga kesatuan ke Kostrad itu turut dimeriahkan dengan atraksi ketangkasan dari para prajurit TNI.

Atraksi pembuka dengan uji ketangkasan dalam olah kebugaran tubuh dan bela diri mulai dari penanganan kelompok pengganggu keamanan masyarakat yang menceritakan prajurit TNI yang dihadang oleh sekelompok pemuda, namun berhasil dilumpuhkan oleh prajurit TNI.

Tak kalah menariknya atraksi ketangkasan memecahkan balok beton, barang pecah belah dan melompati api. Sedang traksi penutup dengan ketangkasan terjun payung prajurit terbaik TNI yang memukau pada tamu undangan.