Pajak Dipangkas, Jokowi Berharap Bisnis UMKM Berkembang

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 12 Juli 2018 - 19:24 WIB

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Presiden Joko Widodo turut menyosialisasikan pajak penghasilan (PPh) final 0,5 persen kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memperingati perayaan Hari Koperasi Nasional yang ke-71 yang berlangsung di ICE BSD City, Kamis (12/7/2018).

“Pemangkasan PPh final yang semula 1 persen kemudian menjadi 0,5 persen itu merupakan angka yang siginifikan. Melalui PPh ini bisa mendorong bisnis UMKM lebih berekspansi,” kata Jokowi.

Dengan begitu, para pelaku UMKM memiliki ruang yang lebih luas untuk melakukan perluasan usaha.

"Sehingga ruang yang setengah persen bisa dipakai ekspansi, untuk modal investasi, untuk mebesarkan usaha. Saya kira arahnya ke sana," katanya.

Pemangkasan PPh final merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong para pelaku UMKM dan koperasi agar semakin berkembang.

Presiden melihat sampai saat ini koperasi khususnya, sudah semakin berkembang dengan kontribusi yang kian besar terhadap PDB.

"Usaha koperasi sudah ada peningkatan yang cukup baik, kalau kita hitung kontribusi koperasi terhadap PDB juga naik dari 3,99 ke 4,48 persen," tandasnya.