Indo Komoditi Korpora Alokasikan Belanja Modal Rp70 Miliar pada 2018

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 19 Juni 2018 - 16:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Manajemen PT Indo Komoditi Korpora Tbk (INCF), produsen yang bergerak di bisnis usaha industri karet dan perdagangan, akan mengalokasikan dana Rp70 miliar untuk membiayai belanja barang modal (capital expenditure/capex) perseroan pada 2018.

“Sekitar 80% dari dana capex itu akan digunakan untuk membiayai peremajaan mesin dan sisanya untuk membiayai pengembangan infrastruktur di pelabuhan ekspor perseroan,” ujar Sukaja Lays, Direktur Utama INCF, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sukaja menjelaskan, perseroan hingga kini memiliki pabrilk pengolahan karet dengan total kapasitas produksi sebanyak 72.000 ton per tahun. Pabrik tersebut terdiri dari dua lini produksi yang masing-masing berkapasitas produksi 36.000 ton karet per tahun.

“Utilisasi pabrik tersebut hingga kini masih relatif rendah. Tahun ini, manajemen perseroan menargetkan produksi 30.000 ton karet. Rendahnya volume produksi tersebut seiring dengan rencana maintenance pabrik yang bakal dilakukan agar dapat terlaksana dengan mudah,” papar Sukaja.

Sukaja juga mengemukakan, perseroan memiliki pelabuhan kecil di samping pabrik yang berlokasi di Sampit, Kalimantan Tengah. Pelabuhan kecil itu saat ini masih semi permanen dan rencananya akan diperbaiki dan dikembangkan menjadi sebuah bangunan permanen.

“Pelabuhan yang dimiliki perseroan saat ini masih terbuat dari bahan-bahan yang bersifat sementara, yaitu semi permanen bahan kayu. Ke depan, pelabuhan itu akan dibuat menjadi permanen,” pungkas Sukaja. (Abraham Sihombing)