Kain Ulos Diminati Warga Hongkong

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 30 Januari 2017 - 14:27 WIB

INDUSTRY.co.id, Hongkong - Sudah menjadi kebanggan sendiri bagi Indonesia jika ciri khas dari Indonesia ini disukai bahkan diminati oleh negera lain. Salah satunya Hongkong. Salah satunya yaiut, Ulos atau yang disebut Kain Ulos. Secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak, Sumatera utara Negara yang menyukai busana khas Indonesia ini adalah Hongkong.

Hongkong dan sejumlah negara asing lainnya tertarik dengan berbagai produk berbahan Ulos "inang" yang dipamerkan Indonesia Hongkong Business Association (IDHKB) Sumatera Utara di Hongkong Fashion Week.

Ketua IDHKB Sumut, Rusmin Lawin mengatakan "Ulos "Inang" produksi Dewi Sanggrah Ulos diminati pengunjung yang hadir di Hongkong Fashion Week di HKCEC (Hongkong Convention and Exhibition Centre) yang berlangsung 16-19 Januari 2017," ujarnya  di Medan, Senin (30/01/2017)

Banyak para pengunjung yang datang dari berbagai negara mengaku mengagumi keunikan corak dan desain kain ulos yang merupakan khas Sumut itu.

Tidak hanya baju biasa, jenis hijab yang terbuat dari ulos juga mendapat minat yang tinggi, dan pembeli asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) banyak yang berminat untuk membelinya.

"Sudah ada kesepakatan untuk jual beli baju dan jenis lainnya yang berbahan Ulos Inang itu dengan Dewi Sanggrah Ulos," kata Rusmin Lawin yang juga Ketua Apindo Medan.

Rusmin yang didampingi pengurus IDHKB, Nova Zein, mengatakan, melihat minat yang tinggi dari pembeli mancanegara, ke depannya, IDHKB akan lebih banyak membawa produk buatan Sumut untuk diperkenalkan di HKCEC. Pasar di Hongkong juga cukup menjanjikan sehingga memang perlu aktif untuk mempromosikan berbagai produk unggulan Sumut di luar komoditas yang selama ini sudah di ekspor

"Tahun depan, tim akan membawa produk makan dan minuman khas Sumut seperti dodol, syrup dan kopi dan Sudah saatnya kita kenalkan makanan khas Sumut yang teryata diminati di mancanegara" ujar Nova Zein, selaku project koordinator untuk misi dagang UDHKB Sumut di HKCEC.

Nova menyebutkan, Hongkong Fashion Week merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh HKTDC yang tahun 2017 bertemakan busana fall winter.

Hongkong Fashion Week itu diikuti oleh 1.519 stand dan dikunjungan puluhan ribu "buyers" dari mancanegara. (Ant)