Kemenperin Gandeng Bukalapak Persiapkan IKM Masuk Ranah Digital

Oleh : Ridwan | Sabtu, 28 Januari 2017 - 16:00 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kemenperin selaku pembina IKM berkomitmen untuk mempersiapkan para pelaku IKM di dalam negeri agar siap masuk dalam e-commerce,8 salah satunya dalam aspek peningkatan kualitas, penghematan atau efisiensi biaya, serta percepatan dan keamanan pengiriman.  

"Kemenperin saat ini mengembangkan program e-Smart IKM yang pada intinya merupakan sistem database IKM yang tersaji dalam profil industri, sentra, dan produk yang nantinya akan diintegrasikan dengan berbagai marketplace yang sudah ada" terang Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta (27/1/2017).

e-Smart IKM akan memberikan manfaat perluasan pasar bagi IKM melalui promosi online, efektifitas dan efisiensi biaya promosi dan pemasaran, serta mendapatkan program-program pembinaan dari pemerintah.

"e-Smart IKM mengusung sembilan komoditas unggulan yang akan dikembangkan pemasarannya melalui e-commerce, yaitu kosmetik, fashion, makanan, minuman, kerajinan, perhiasan, furniture, herbal, dan produk logam" tambahnya.

Sedangkan menurut Fajrin Rasyid selaku CFO Bukalapak menambahkan, e-Smart IKM memberikan keuntungan seperti kualitas barang yang terjamin, harga lebih bersaing karena barang langsung dari produsen sehingga pada akhirnya akan meningkatkan nilai transaksi di marketplace tersebut.

"Dengan dukungan marketplace, e- Smart IKM bisa menjadi terobosan baru yang diharapkan dapat menjadi stimulan. Dengan begitu, produk-produk asli Indonesia yang berkualitas bisa membanjiri pasar perdagangan online" terangnya