Sinergi Enam Marketplace Besar Dorong UMKM Jualan Online

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 28 Mei 2018 - 14:36 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kominfo bersama Kemenkop meluncurkan program "Ramadhan Express Ayo UMKM Jualan online" untuk gerak cepat bantu pedagang mikro dan kecil yang belum bisa mendapat akses ke pasar online yang sangat besar di bulan Ramadhan ini.

Sebagai bagian dari Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, untuk mengoptimalisasi upaya memfasilitasi UMKM mendapatkan pasar online, terutama di bulan ramadhan yang menjadi  puncak tingkat konsumsi dan transaksi pemesanan/pembelian tertinggi dalam satu tahun di masyarakat Indonesia, Kominfo bersama para Marketplace dan Kementrian Koperasi dan UKM menginisiasi kegiatan Ramadhan Express untuk menjaring UMKM yang memproduksi barang yang banyak dibqtuhkan masyarakat di bulan Ramadhan untuk berjualan online.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka kesempatan bisnis bagi para UMKM untuk meraih berkah Ramadhan yang melimpah.

Kegiatan Ramadhan Express memiliki target meng’online’kan UMKM yang berada di 14 sentra bisnis yang menjual. membuat "top 15 hal yang paling banyak dicarildigunakan di bulan Ramadhan" yang mengakomodir :l:18 ribu UMKM di 8 kota dalam rentang waktu 2 minggu (29 Mei 2018 12 Juni 2018). 1. Busana: Muslim Wanita‘ (gamish dll) , Pria dan Anak2, Peralatan lbadah, Peralatan Pembuatan Kue, Sepatu/Sandal, KueKering dan Kue daerah, dll.

Ramadhan Express mengambil pendekatan ‘menjemput bola’ dimana tim akan mendatangi tempat para UMKM melakukan kegiatan: usahanya. Di setiap tltik, kegiatan akan dimulai dengan acara berbagi pengalaman dan' artis atau pengusaha yang bisnis UMKM nya sukses karena berjualan online. Secara paralel, para sukarelawan akan melakukan ‘sweeping’ ke kios-kios untuk membantu para UMKM melakukan registrasi di market place dan mulai ben‘ualan online.

Pelaksanaan kegiatan Ramadhan Express bekerja sama dengan Kementerian Koperasi & UMKM dan mengikutsertakan 6 market place besar di Indonesia (Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Blanja, Shopee, dan GrabFood).

Kegiatan ini juga melibatkan para relawan TlK yang merupakan pelajar SMK dan mahasiswa di 8 kota tempat kegiatan akan dilaksanakan dan partner media untuk komunikasi dan sosialisasi.