Minim Sentimen Negatif, Rupiah Siap Menguat

Oleh : Wiyanto | Senin, 28 Mei 2018 - 06:08 WIB

INDUSTRY.co.id -Jakarta-Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran support 14125 dan resisten 14109. Pergerakan Rupiah yang menguat diharapkan dapat kembali berlanjut seiring minimnya sentimen negatif dari dalam negeri.

Analis Binaartha Institutional Research Reza Priyambada mengatakan, positifnya sejumlah sentimen dari dalam negeri memberikan peluang bagi Rupiah untuk kembali melanjutkan pergerakan positif.

"Namun demikian, pergerakan USD yang kembali menguat dapat menghalangi potensi kenaikan lanjutan dari Rupiah seiring adanya rilis kenaikan _new orders for capital goods_ AS dan imbas melemahnya harga minyak mentah dunia," kata dia di Jakarta, Senin (28/5/2018).

Laju Rupiah mampu bergerak sesuai perkiraan sebelumnya dimana cenderung melanjutkan pergerakan positifnya.

Pergerakan Rupiah cukup merespon positif hasil pertemuan FOMC. Rupiah cukup stabil dengan kecenderungan menguat seiring hasil notulensi rapat Federal Open Market Committee (FOMC) yang bernada _dovish_. Dalam kesempatannya Gubernur The Fed menyatakan akan melihat perkembangan inflasi dan membiarkannya bergerak di atas target 2 persen.

Sementara itu, dari dalam negeri sejumlah berita cukup positif sehingga mendukung penguatan Rupiah meski juga dibarengi dengan kembali naiknya USD terhadap mata uang lainnya seiring dengan imbas melemahnya harga komoditas yang dimotori minyak mentah dan antisipasi rilis sejumlah data di AS.