Tempaan Jamkrindo Sukseskan UMKM Ini Go Internasional

Oleh : Wiyanto | Senin, 21 Mei 2018 - 12:09 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dalam berkiprah tidak selalu berfikir profit oriented.  Maka tidaklah heran Jamkrindo bertekad mendampingi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk maju.

Salah satu UMKM binaan Perum Jamkrindo, adalah usaha olahan jadi dari bahan-bahan kakao, kopi dan teh. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Jamkrindo memboyong UMKM ini sampai mancanegara untuk sekedar bisa ikut pameran ke Jepang.

Stephen lesmana salah UMKM binaan Perum Jamkrindo, mengungkapkan pihaknya banyak terbantu oleh BUMN plat merah ini.
 

" Kontribusi Jamkrindo, mengenalkan produk ke masyarakat baik nasional atau internasional seperti pameran produk ke Jepang serta pengarahan KUR," kata dia kepada Industry.co.id di Jakarta, Senin (21/5/2018).

Ia merintis usaha olahan makanan dan minuman jadi sejak 2011. Dengan peras keringat dan banting tulang, kesuksesan akhirnya dapat digapai juga.

Usahanya terletak di Cengkareng, Jakarta, dengan modal awal Rp140 juta, pria yang berkacama mata ini mantap mengolah bahan baku asli Indonesia menjadi bahan jadi, seperti coklat batangan, souvernir, makananan dan minuman.

Ia sadar persaingan bisnis bukanlah hambatan, strategi jitu ia jalani guna menang di medan bisnis. Tentunya semua ini, tidak lepas  dari tangan lembut Jamkrindo yang selalu membina usahanya terus maju.

Untuk soal harga produknya, sambung dia, membuat produk dengan rasa yang nikmat dengan harga terjangkau sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Secara konsep bisnisnya, ia bilang Indonesia punya bahan baku yang baik seperti teh, kopi, coklat maka ia mengolahnya hingga menjadi produk jadi. lalu dipasarkan ke konsumen ataupun private label.

Terkait dengan pemasaran, tambah dia, penjualan dilaksanakan dengan metode online seperti di herocafe.co.id dan offline.

"Kita rutin membuat produk-produk yang unik dengan rasa yang enak, sehingga bisa mendapatkan tempat di tengah ketatnya pasar," katanya.