Sandiaga Prediksikan Ekonomi Jakarta Capai 6 Persen dengan Asian Games

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 14 Mei 2018 - 07:00 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga S Uno memprediksikan pertumbuhan ekonomi Jakarta akan tumbuh 6,22 persen dengan adanya Asian Games 2018, dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,1 persen sepanjang 2017.

“Kita prediksi di 2018 ini akan lebih tinggi lagi dari 6,22 persen yang kita register di 2017 kenapa? Salah satunya karena Asian Games," ujarnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat yang digelar di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Minggu (13/5).

Bukan hanya dari sisi perekonomian makro bisa tumbuh, lanjut Sandi, tapi juga ketimpangan ekonomi dan sosial yang juga diharapkan bisa berkurang. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk ambil bagian dalam perhelatan Asian Games ini.

“Kita dari awal sudah bilang ke Pak Erick, UMKM harus dilibatkan karena kalau hanya perusahaan besar kita akan memperbesar ketimpangan dan kesenjangan," imbuhnya.

Sandi menargetkan akan ada sekitar 20.000 UMKM yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung di perhelatan olahraga terbesar di Asia ini. Hal ini karena pemerintah juga tengah menggenjot sektor-sektor usaha kecil untuk dapat berkembang dan mampu bersaing dengan usaha besar.