Cara Kemenpar Raih Pergerakan Wisatawan Nusantara

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 07 Mei 2018 - 15:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah Indonesia telah menetapkan target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2018 sebesar 17 juta orang sedangkan menargertkan 270 juta pergerakan wisatawan nusantara di tahun ini.

Berbagai cara yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata untuk mendorong dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia dengan melakukan berbagai kegiatan seperti menggelar festival, pameran ataupun sales mission.

"Adapun cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dengan melakukan berbagai kegiata seperti festival, sales mission. Misalnya, masayarakat Sumatera menjual potensi wistanya ke Bali, supaya orang Bali datang ke danau Toba. atau Mandalika menjual ke Bali, Jakarta dalam bentuk pameran," kata I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata saat menggelar audiensi bersama rekan forum wartawan pariwisata di Jakarta, Senin (7/8/2018).

Ia mengharapkan bahwa setiap festival yang diselenggarakan ditiap daerah tidak hanya didatangi wisatawan mancanegara atau orang-orang daerah setempat, tetapi juga dikunjungi oleh berbagai daerah lainnya di Indonesia.

"Kami mengakui, sistem kerja untuk menangkap kunjungan wisatawan mancanegara lebih bersistem dibandingkan menarik pergerakan wisatawan nusantara. Oleh karena itu, jika menggelar festival di Bali misalnya, di luar orang Bali agar datang, bukan yang datang daerah sana saja," jelas Pitana.