Selamat! Suga BTS Sudah Resmi Jadi Anggota Tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea

Oleh : Dina Astria | Minggu, 22 April 2018 - 17:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Korea Selatan - Salah satu member dari boyband fenomenal BTS, Suga akhirnya resmi bergabung menjadi anggota tetap dari Asosiasi Hak Cipta Musik Korea atau KOMCA.

Suga merupakan satu-satunya member BTS yang memiliki kemampuan lebih dalam hal produksi dan composing lagu dari member BTS lainnya, sehingga ia pantas menjadi anggota tetap KOMCA.

Tiap tahunnya, KOMCA memang merekrut 25 anggota untuk dijadikan anggota tetap, dengan beberapa criteria seperti produser, artis, dan composer yang harus diasosiasi selama 3 tahun dan mendapatkan royalty lebih dari 30 juta Won atau lebih dari Rp390 juta selama kurun waktu 3 tahun.

Pelantun ‘Fire’ ini dinilai sudah memenuhi criteria yang disebutkan tadi.

Sebelumnya, Asosiasi Hak Cipta Musik Korea atau KOMCA merupakan organisasi non-profit yang melindungi hak-hak para produser lagu, para pencipta lagu, penampilan publik, serta siaran dari plagiat dan pencurian hak cipta di Korea Selatan.

KOMCA sendiri menjadi salah satu organisasi perlindungan hak cipta terbesar di Asia, dengan memiliki anggota lebih dari 20 ribu anggota non-tetap.