Lebarkan Sayap, Sido Muncul Kaji Peluang Bisnis Mamin Herbal

Oleh : Hariyanto | Jumat, 13 April 2018 - 17:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) tengah mengkaji peluang untuk masuk ke bisnis makanan minuman (mamin) herbal demi melebarkan sayap bisnisnya di luar industri jamu.

"Kami mau masuk, sekarang baru diriset mengenai makanan. Ini salah satu yang kami kembangkan," kata Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat kepada pers di Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Menurut Irwan, pihaknya memiliki laboratorium khusus yang mencakup research and development (R&D), quality control, dan quality assurance.

"Ada 217 orang yang bekerja di laboratorium ini. Kami melakukan serangkaian uji terhadap bahan herbal, dari uji khasiat hingga toksisitas," ungkap Irwan.

Dari berbagai bahan herbal yang telah dilakukan uji di laboratorium tersebut, lanjut Irwan, telah mengantungi 20 izin. Hingga kini, Sido Muncul telah menjadi market leader untuk jamu Tolak Angin, pegal linu, dan jamu kuat. "Nanti saya masuk ke makanan, sekarang sedang dicari idenya," ujarnya.

Irwan menambahkan, selain mamin herbal, perseroan akan memperluas pasar ke luar negeri. "Peningkatan pasar dilakukan dengan cara memperluas wilayah. Jadi kami berusaha untuk bisa masuk ke semua negara-negara di dunia," tutur Irwan.

Sido Muncul, telah memasuki pasar Filipina dengan menggandeng distributor-distributor lokal dan akan membuka kantor pemasaran di negara itu.