Sambut Industri 4.0, Ketum Kadin Himbau Tenaga Kerja Dalam Negeri Tingkatkan Kemampuan

Oleh : Ridwan | Jumat, 13 April 2018 - 15:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani tidak menampik bahwa revolusi industri 4.0 berdampak pada tenaga kerja di Indonesia.

Di satu sisi, akan menghilangkan beberapa pekerjaan. Tapi pada sisi lainnya akan menciptakan pekerjaan baru, kata Rosan di Jakarta (13/4/2018).

Alih-alih mengkhawatirkan revolusi tersebut, Rosan justru mengimbau agar tenaga kerja di dalam negeri lebih meningkatkan kemampuannya. Dengan demikian, kata Rosan, tenaga kerja bisa beradaptasi dengan perubahan yang relatif cepat.

Rosan menilai, yang terpenting ialah bagaimana tenaga kerja mampu menyikapi perubahan tersebut. Ia lantas menganggap timbul dan hilangnya peluang dalam revolusi industri 4.0 sebagai hal yang wajar.

Contoh pekerjaan baru yang paling gampang dari aplikasi. Dulu mana ada kita bisa pesan makanan dari ponsel kita? Itu menciptakan lapangan kerja baru, ujar Rosan.

Di sisi lain, Rosan juga mengakui kualitas sumber daya manusia (SDM) di dalam negeri masih tertinggal. Sehingga, ia mengatakan bahwa industri harus segera membekali tenaga kerja dengan ilmu dan kemampuan yang lebih mumpuni, seiring dengan pemerintah yang meluncurkan peta jalan (roadmap) industri 4.0 pada 4 April lalu.