Arab Saudi Incar Investasi Sektor Militer, Pertahanan dan Persenjataan di Indonesia

Oleh : Ridwan | Kamis, 12 April 2018 - 10:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut baik kunjungan delegasi ekonomi dari Arab Saudi ke Indonesia.

"Kami sambut baik dan apresiasi atas kunjungan para delegasi ekonomi Arab Saudi ke Indonesia," ujar Wakil Ketua Kadin Komite Timur Tengah-OKI Muhammad Bawazir seusai jamuan makan malam bersama Kadin Arab Saudi di kediaman Duta Besar Arab Saudi di Jakarta, Rabu (11/4/2018) malam.

Ia berharap kunjungan delegasi ekonomi Arab Saudi kau ini bisa membawa perkembangan positif seperti yang diharapkan selama ini.

Meski belum ada target atau nilai pasti investasi yang akan disepakati kedua negara, namun telah dilakukan penandatanganan lebih dari 10 perjanjian perdagangan hampir di seluruh sektor kecuali teknologi, katanya.

"Memang belum ada nilai pastinya, namun saya optimistis kita akan berkembang, kan bisa dilihat dari nilai perdagangan yang melonjak. Makanya Kadin terus mendorong agar ada penambahan, termasuk di industri strategis seperti pesawat terbang atau lainnya," tutur Muhammad.

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Usamah Al-Syu'aiby menyampaikan bahwa kunjungan delegasi ini untuk menindaklanjuti kunjungan Raja Salman tahun lalu serta untuk melihat lebih jauh sektor-sektor yang potensial untuk berinvestasi.

Sebelum kunjungan Raja Salman tahun lalu, nilai perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi hanya sekitar Rp48,3 triliun, namun pasca kunjungan melonjak hampir tiga kali lipat mencapai Rp124,2 triliun, katanya.

Selain investasi di bidang ekonomi pada umumnya, ia pun menyebutkan bahwa sektor militer, pertahanan, dan persenjataan juga termasuk dalam pertimbangan investasi Arab Saudi di dalam negeri.