Rudiantara: Digicoop Ponsel yang Mampu Meminimalisir Konten Negatif

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 20 Januari 2017 - 15:39 WIB

INDUSTRY.co.id, Cikarang - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, resmi memperkenalkan ponsel pintar perdana Digicoop besutan Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM). Tahap pertama, KDIM menyiapkan 5.000 unit smartphone Digicoop dengan 1.500 diantaranya sudah dipesan.

“Dirinya menyambut baik kehadiran smartphone tersebut. Karena smartphone ini sudah bisa menyaring konten-konten negatif, ibu rumah tangga memang memperhatikan keamanan akses internet untuk anak-anaknya dalam menggunakan smartphone,” kata Rudiantara dalam menyaksikan peluncuran smartphone Digicoop, di Cikarang, Jumat (20/1/2017).

Digicoop kepanjangan dari Digital Koperasi merupakan ponsel yang diinisiasi oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM). KDIM adalah hasil inisiasi Masyarakat Telematika (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII).

Sementara itu, Ketua KDIM Henry Kasyfi, model bisnis dalam penggarapan ini berbeda dari smartphone yang berasal dari pabrikan lain. Ia mengatakan, produksi smartphone ini berbasis koperasi sehingga produk ini tak dijual secara umum.

Di samping itu, tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone Digicoop ini juga memberikan kesempatan bagi anggota untuk beraktivitas ekonomi melalui perangkat berbasis digital.

"Kami merasa bahwa koperasi ini merupakan model yang paling tepat bagi Indonesia. Jadi, pengguna tak perlu membeli tapi cukup menabung di KDIM,"ungkapnya.

Adapun spesifikasi untuk smartphone ini sudah didukung dengan prosesor quad-core 1,5GHz dan RAM 1GB. Sementara memori internal smartphone ini adalah 8GB dengan kamera utama 5MP dan kamera 2MP.