Kemenperin Dorong Pertumbuhan IKM di Kawasan Industri Baru

Oleh : Herry Barus | Rabu, 18 Januari 2017 - 20:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) di sekitar kawasan industri baru di luar Jawa.

"Program pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) di sekitar kawasan-kawasan industri baru bertujuan agar pembangunan kawasan industri berdampak optimal pada aktivitas ekonomi penduduk setempat," kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Gati Wibawaningsih di Jakarta, Rabu (18/1).

Pembangunan kawasan industri, menurut Gati, menyerap puluhan ribu tenaga kerja. Puluhan ribu penduduk baru tersebut membutuhkan berbagai kebutuhan dasar yang bisa disediakan oleh pelaku usaha setempat.

"Kami ingin pasar baru yang tercipta akibat aktivitas di kawasan industri baru merangsang aktivitas industri bukan sebatas aktivitas perdagangan," papar dia, seperti dikutip Imq.

Program pengembangan industri kecil menengah yang dilakukan Kemenperin bertujuan menyediakan tenaga kerja bagi industri di kawasan-kawasan industri baru. Kemenperin saat ini sedang membangun Politeknik Industri Logam Morowali di Kawasan Industri Morowali dan Akademis Komunitas Industri Logam Bantaeng di Kawasan Industri Bantaeng. (Hrb)