Menperin: Industri Kosmetik Tak Bisa Dimonopoli

Oleh : Ridwan | Minggu, 18 Maret 2018 - 09:10 WIB

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendukung dan mendorong industri kosmetik agar semakin berdaya saing di kancah global.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri kosmetik merupakan salah satu pendorong kemajuan ekonomi Indonesia.

"Kami lihat keperluan penjualan kosmetik cukup bagus (tahun) kemarin 516 juta dan ini lebih besar dari tahun lalu dan industri ini pemainnya banyak jadi tidak dimonopoli oleh berbagai perusahaan," kata Airlangga di Jakarta (17/3/2018).

Menurut data yang dimiliki Kemenperin, ratusan perusahaan sudah bergabung dalam industri di bidang kecantikan tersebut.

"Lebih dari 760 (perusahaan) bergerak di bidang kosmetik jadi itu banyak pemain dan itu sangat bagus buat Indonesia," lanjut Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga menambahkan akan meminta kepada Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (Dirjen IKM) Kemenperin untuk memberikan kemudahaan bagi perusahaan tersebut untuk bisa memasarkan produk mereka tersebut.

"Industri ini tidak terpisahkan dari inovasi dan ini tidak terpisahkan dari industri small, menengah dan besar. Satu kuncinya adalah supply change dan domestic market. Itu dua hal yang menjadi kunci pengembangan industri (kosmetik)," tutur Airlangga.