Drama Korea 'Hwayugi' Diisukan Contek Karya Penulis Novel

Oleh : Dina Astria | Kamis, 08 Maret 2018 - 10:50 WIB

INDUSTRY.co.id - Korea Selatan - Drama Korea, 'Hwayugi' atau A Korean Odyssey baru saja menayangkan episode terakhirnya. Namun, belum lama ini, kru produksi dari drama tersebut diisukan mencontek sebuah karya seorang penulis.

Seorang penulis berinisial Ttangbyeol mengungkapkan bahwa novel yang ia garap pada tahun 2016 bertajuk 'Aeyugi' mirip dengan drama yang dibintangi Lee Seung Gi itu.

Isu terkait hal ini pun langsung ditanggapi oleh penulis naskah drama 'Hwayugi', Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran. Mereka mengatakan jika penggarapan drama tersebut sudah lama direncanakan sebelum novel 'Aeyugi' dirilis.

Saat mereka selesai menggarap drama Korea 'Master's Sun' pada 2014 lalu, mereka mulai merencanakan sebuah proyek drama fantasi yang bercerita tentang hantu dan monster.

Lalu, mereka merilis drama fantasi pertama mereka berjudul 'My Girlfriend is a Gumiho' pada 2010.

"Banyak wawancara yang membicarakan hal itu. Kami mengadakan pertemuan dengan perusahaan dan sutradara soal proyek yang diadaptasi dari 'Journey to the West'," ungkap kedua penulis drama Korea yang handal itu.

"Kamu bilang 'Aeyugi' dirilis sebagai serial pada musim gugur 2015? Tolong buktikan apakah ada pembaca saat itu yang punya hubungan dengan kami. Kami belum pernah melihat web drama berjudul 'Aeyugi' di masa lalu dan kami belum membaca novelnya juga," tambah mereka.

Selain itu, Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran memberi klarifikasi persamaan karakter Sam Jang yang dibuat perempuan. Mereka juga mengungkap sudah banyak proyek inspirasi "Journey to the West" dimana Sam Jang ditampilkan sebagai sosok perempuan.