Ada 360 Konten Asusila, Kominfo Kembali Blokir Blog Tumblr

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 07 Maret 2018 - 14:11 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada pekan ini kembali memblokir layanan blog Tumblr. Alasan Kominfo, seperti yang diungkap dalam akun Twitter resminya, karena Tumblr penuh dengan konten asusila.

 “Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada medsos t*mb*r dot com dan aplikasinya,” tulis Kominfo pada Selasa (6/3/2018).

“Ditemukan pula bahwa T*mb*r tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila,” lanjut Kominfo.

Kominfo juga menjelaskan bahwa pihaknya sebenarnya telah mengirimkan pemberitahuan melalui email kepada Tumblr pada 28 Februari. Dalam surat elektroniknya Kominfo meminta Tumblr membersihkan platformnya dari konten-konten asusila dan memberi waktu dua hari untuk mengupayakan hal itu.

“Sampai lewat batas waktu yang telah diberikan tersebut, tidak ada respon dari T*mb*r, sehingga dilakukan tindakan pemblokiran terhadap 8 DNS T*mb*r pada Senin 5 Maret 2018 sore,” jelas Kominfo.

 Adapun pihak Tumblr belum memberikan tanggapan terhadap langkah Kominfo tersebut.