Lima Kota Ini Paling Diburu Pencari Properti

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 16 Februari 2018 - 14:25 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Jakarta Selatan tampaknya masih menjadi wilayah yang sangat populer bagi mereka para pencari properti, terutama apartemen. Berdasarkan hasil survey portal properti global Lamudi menyebutkan, sepanjang Bulan Desember lalu ada sekitar 4.592 orang mencari apartemen di wilayah Jakarta Selatan. Data itu didapatkan dari pengunjung yang datang ke portal properti tersebut.

Area Jakarta Selatan memang selama ini dikenal sebagai tempat yang paling diincar oleh pencari properti, karena di sana terdapat berbagai macam fasilitas yang lengkap, mulai dari menjamurnya pusat perbelanjaan, hiburan hingga akses yang baik menuju pusat kota Jakarta, baik melalui jalur kendaraan pribadi, commuter line serta angkutan umum lainnya.

Para pencari apartemen di Jakarta Selatan tersebut, mayoritas membidik apartemen di area Kalibata, kemudian disusul Kuningan dan Kasablanka. Dari data tersebut juga menyebutkan saat ini rata-rata harga apartemen di Jakarta Selatan dijual Rp 32 juta per meter persegi.

Selain Jakarta Selatan, diurutan kedua lokasi yang paling banyak dicari oleh pencari apartemen ditempati oleh Surabaya dengan total pencari 1882 orang, untuk di Surabaya kebanyakan property seekers mengincar apartemen di area Kertajaya. Sementara untuk urutan ketiga berada Jakarta Barat dengan jumlah 1249 orang yang mayoritas pencari memilih apartemen di area Cengkareng.

Minat orang untuk membeli properti memang masih belum menunjukkan trend yang positif, bahkan dipertengahan tahun 2015 lalu harga apartemen di Jakarta dan Bali mengalami penurunan karena perlambatan ekonomi dan menurunnya pasokan unit.

Apartemen kelas atas menjadi sektor yang paling terkena imbas dari perlambatan ekonomi. Bahkan untuk kuartal empat tahun 2015 di Jakarta hanya ada 1500 unit apartemen mewah yang diluncurkan, jumlah ini menurun jika dibandingkan kuartal tiga 2015 yang mencapai 2700-an unit.