Harga Lahan Mahal, Menhub Minta Pemda Sediakan Lahan Untuk Kawasan TOD

Oleh : Hariyanto | Jumat, 16 Februari 2018 - 10:59 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Salah satu tantangan dalam pengembangan hunian terintegrasi TOD yaitu harga terjangkau. Masalahnya, jika berbicara mengenai tanah di DKI Jakarta, saat ini harganya sudah sangat mahal.

Untuk itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyarankan pemerintah daerah (Pemda) juga dapat berperan aktif dalam mengatasi persoalan ini. Salah satunya dengan menyediakan lahan yang bisa dikembangkan sebagai kawasan TOD.

"Saya sudah memberikan tugas kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk mempercepat proses pengembangan TOD di wilayah Jabodetabek. Tentunya prosesnya harus sesuai dengan peraturan dan juga lebih di dapat berkoordinasi kepada pemerintah daerah," kata dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (14/2/2018) lalu.

Untuk diketahui, pembebasan lahan proyek LRT Jabodebek yang digarap oleh pemerintah belum 100% rampung. Direktur Utama PT Adhi Karya menerangkan saat ini semua lahan yang milik instansi pemerintah yang akan dilalui proyek LRT sudah rampung.

Namun, masih ada masalah pembebasan lahan untuk Depo seluas 10 hektar di Bekasi Timur milik warga yang belum selesai. Targetnya proses pembebasan lahan milik warga di Bekasi ini bisa rampung pada Mei mendatang.