Indonesia Siap Selenggarakan Asian Games 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 12 Februari 2018 - 08:54 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Asian Games 2018 segera digelar pada Agustus mendatang. Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah pesta olah raga se-Asia yang akan dihadiri oleh lebih dari 20 negara itu. Ini merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah setelah tahun 1962 lalu.

Oleh sebab itu, Menlu Retno Marsudi mengajak Duta Besar negara sahabat untuk melihat kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Bisa dikatakan Asian Games turut dimanfaatkan pemerintah untuk menunjukkan kemajuan ekonomi kepada negara tetangga.

Salah satu cara yang dipilih oleh Kemlu untuk mempererat persahabatan yakni dengan melakukan diplomatic walk. Menlu Retno Marsudi bahkan menyebut Asian Games bukan sekedar menampilkan semangat berkompetisi tetapi juga mempererat persahabatan dengan negara lain.

Asian games dapat juga digunakan sebagai ajang untuk menjalin persahabatan, kata Retno, di Gelora Bung Karno, Senayan. Menurutnya, persahabatan yang dibalut pesta olah raga di dalam konteks dunia juga semakin penting.