Kementan Fokus Beri Bantuan Pertanian Rakyat Miskin

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 Januari 2018 - 11:27 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, pada 2018, pihaknya akan fokus memberikan bantuan pertanian bagi rakyat miskin.

"Ke depan, fokusnya adalah kesejahteraan rakyat. Yang kami lakukan adalah mengarahkan seluruh dirjen memberikan bantuan ke saudara kita yang ada di pedesaan, kepada 17 juta penerima rastra (beras sejahtera)," kata Amran saat memberikan pengarahan dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementan 2018 di Jakarta, Senin (15/1/2018) 

Bantuan tersebut, lanjut Amran, dapat berupa bibit tanaman atau ternak yang diberikan cuma-cuma.

Ia pun menginstruksikan jajarannya untuk melakukan perencanaan untuk membagikan bibit ayam, kelinci, hingga sapi kepada masyarakat tidak mampu.

"Contoh kalau ada rumah tangga yang menerima rastra, kami berikan 10-30 ekor ayam ke rumah tangganya. (Kalau dipelihara) bisa jadi 50 ekor. Ada 10 juta ekor (ayam) kita bagikan tahun 2018," katanya.

Bagi masyarakat tidak mampu yang bekerja di sektor pertanian, kata Amran, juga akan mendapat bantuan alat mesin pertanian. Dengan demikian, petani yang biasa memanen hasil tani dengan sabit dapat meningkatkan produksi mereka sehingga mendorong pendapatan.

"Bahkan kalau mereka tidak punya kelompok tani, buatkan! Kita akan jemput bola," katanya.

Rakernas Kementerian Pertanian 2018 yang mengambil tema "Mengangkat Kesejahteraan Petani" itu dihadiri oleh sekitar 1.700 peserta yang terdiri atas Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kementan, perwakilan sejumlah kementerian/lembaga terkait hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Danrem dan Dandim