DPR: Vaksin Biofarma Aman Digunakan Negara-Negara Islam

Oleh : Herry Barus | Minggu, 14 Januari 2018 - 08:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Bandung- Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf mengemukakan bahwa vaksin produksi PT Bio Farma (Persero) telah diekspor ke negara-negara Islam di dunia dan aman digunakan untuk umat muslim.

"Kami bukan dari MUI sehingga tidak bisa mengatakan halal haramnya. Tapi kita sudah sama-sama melihat bahwa Bio Farma sudah menjadi 'center of excelent' untuk negara-negara Organisasi Kerja sama Islam (OKI)," kata Dede Yusuf setelah meninjau pabrik Bio Farma di Bandung, Sabtu (13/1/2018)

Selain itu Dede semakin yakin dengan keamanan vaksin Bio Farma karena perusahaan BUMN tersebut menjadi pemasok vaksin terbesar untuk kebutuhan imunisasi rutin negara-negara Islam dunia.

"Dari 57 negara OKI, ada tujuh yang memproduksi vaksin tapi yang diakui oleh WHO adalah Bio Farma. Itu sebabnya Bio Farma dapat kuota pesanan vaksin negara Islam paling banyak. Dari situ saja kita melihat Malaysia, Saudi dan lain-lain mengambil dari kita. Itu menunjukkan vaksin ini aman bagi umat muslim," kata Dede.

Direktur Utama Bio Farma Juliman mengatakan telah mengekspor vaksin ke 136 negara dan 50 di antaranya merupakan negara Islam.

Juliman mengatakan tidak ada isu halal haram dan tidak ada permasalahan terkait hal tersebut yang diajukan negara-negara Islam bersangkutan.