Bos Go-Jek Jadi CEO Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2017

Oleh : Ridwan | Jumat, 12 Januari 2018 - 17:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sepanjang tahun 2017, Indonesia dibanjiri dengan beragam perusahaan rintisan atau startup di berbagai bidang. Tak heran hal tersebut membuat kancah bisnis menjadi semakin meriah dan memanas.

Dari sekian banyak startup di Indonesia, tidak sulit bagi masyarakat untuk mengetahui merek startup yang selalu diingat.

Belum lama ini, Situs e-commerce berbagi kode voucher belanja, Flipit, melakukan studi popularitas para CEO startup di Indonesia sepanjang tahun 2017.

Berdasarkan hasil analisis mereka, CEO Go-Jek Nadiem Makarim menempati peringkat pertama dalam penyebutan paling banyak di Twitter dan Facebook. Total postingan yang menyebut Nadiem ada sebanyak 1.447.

Lalu di bawahnya, yang terpaut cukup jauh, ada CEO Bukalapak Achmad Zaky sebanyak 404 postingan. Diikuti CEO Tokopedia William Tanuwijaya sebanyak 356 postingan dan CEO Traveloka Ferry Unardi sebanyak 195.

Selain unggul di data penyebutan di media sosial, Nadiem juga menempati posisi teratas untuk pencarian di internet. Total pencarian atas nama Nadiem di internet ada sebanyak 8.190 kali.

Posisi kedua ditempati oleh William dengan total pencarian serbanyak 8.170 kali. Selanjutnya diikuti oleh CEO Traveloka Ferry Unardi dengan total pencarian 4.990 kali, lalu CEO Bukalapak Achmad Zaky dengan total pencarian 3.100 kali.

Dengan hasil intensitas penyebutan di media sosial dan pencarian online yang cukup tinggi, ada peluang bagi para CEO ini untuk mengembangkan citra pribadinya lebih dalam dengan membuat akun media sosial resmi.

Seperti diketahui, industri startup di Indonesia memang cukup berkembang pesat, bahkan beberapa merek kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Lembaga riset Center for Humqan Genetic Research (CHGR) memprediksi bahwa Indonesia akan memiliki sebananyak 13.000 startup pada tahun 2020.