Tingkatkan Industri Perikanan, Kadin Desak Menteri Susi Libatkan Swasta

Oleh : Ridwan | Kamis, 11 Januari 2018 - 12:57 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendorong Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk lebih melibatkan pihak swasta dalam membangun industrialisasi perikanan di Tanah Air.

"Sudah tiga tahun, ikan melimpah ruah di laut. Dunia sudah tahu kita tegas. Mau diapakan kalau tidak ada industrilisasi dan pelibatan swasta," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Kawasan Timur Indonesia Andi Rukman Karumpa di Jakarta, kemarin.

Andi Rukman Karumpa memaparkan, Susi sebaiknya fokus dalam mengatasi ancaman deindustrialisasi perikanan serta meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian.

Dia juga mengingatkan bahwa dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Senin (8/1), hasilnya bahwa diputuskan tidak ada lagi penenggelaman kapal pada 2018 karena pemerintah ingin fokus pada upaya peningkatan produksi perikanan.

Luhut kepada wartawan seusai rapat koordinasi tersebut mengatakan, penenggelaman kapal sudah cukup dilakukan sehingga saat ini pemerintah seharusnya fokus meningkatkan produksi agar ekspor juga bisa meningkat.

Menurut mantan Menko Polhukam itu, perintah tersebut telah disampaikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang hadir dalam rapat koordinasi itu.

Andi berpendapat, pihaknya setuju dengan usulan Luhut kapal-kapal yang melanggar akan disita untuk dijadikan aset negara. "Era marketing sudah selesailah, lebih ada manfaatnya kapal dikasih ke nelayan yang butuh kapal-kapal modern," kata Wakil Ketum Kadin.